Jumat, 23 September 2011

Sukses Wirausaha Waralaba Pisang Ijo

Usia memang tidak menghambat seseorang untuk mencapai sebuah prestasi dan keberhasilan. Itulah yang saat ini disandang oleh Riezka Rahmatiana, di usianya sekarang 23 tahun sudah menyandang sebagai Presiden Direktur “JustMine” nama usaha Pisang Ijo yang ditekuninya hingga membawanya mencapai keberhasilan bisnis. Pisang Ijo sebenarnya merupakan makanan tradisional khas Makasar yang berhasil ia pasarkan dengan sistem waralaba berbendera “JustMine”. Usaha makanan tradisonal ini dipandang cukup potensial memberikan keuntungan bisnis, karena bahan dasar pisang mudah didapatkan. Hanya dengan balutan tepung beras dan sedikit pewarna hijau sudah menjadi makanan yang digemari banyak orang.

Salah satu kunci keberhasilan bisnis Riezka, Finalis tingkat Nasional Wirausaha Muda Mandiri 2008, sebenarnya terletak pada kreativitasnya mengembangkan makanan Pisang hijau dalam berbagai aneka rasa. Dari Pisang Ijo tradisional dikembangkan dalam berbagai aroma rasa seperti pisang ijo rasa vanila, pisang ijo rasa strowberi , rasa coklat dan durian. Semangkuk pisang ijo yang disiram cairan fla yang gurih akan semakin nikmat dihidangkan dengan pecahan es batu yang dingin.
Selain kreativitasnya mengembangkan produk pisang ijo, keberhasilan usahanya diawali dari semangat kewirausahaan yang ia miliki. Keputusan untuk berwirausaha di sela-sela kesibukan kuliah sempat tidak disetujui oleh orang tuanya. Mereka menganjurkan untuk mencari pekerjaan lain yang cukup aman. Sebelum memulai berwirausaha pisang ijo ini Riezka sempat bekerja di beberapa tempat dari mulai MLM, penjual pulsa Seluler hingga bekerja di cafe. Hasil bekerja pada beberapa pekerjaan inilah yang menjadi modal dia untuk memulai usaha berjualan Pisang ijo ini. Motivasi berwirausaha muncul dari inspirasi Buku Cashflow Quadrant yang menyatakan tidak ada karyawan yang bisa memperoleh penghasilan tak terbatas. Hanya dengan berwirausaha bisa memperoleh penghasilan tak terbatas. Pilihan dijatuhkan pada kawasan kota Bandung sebagai tempat pengembangan Usaha Pisang Ijo ini, dengan segmen pasar mahasiswa.
Untuk mengembangkan usahanya ini Riezka membuka peluang untuk berinvestasi bagi siapa saja yang berminat dengan sistem waralaba Pisang Ijo. Sampai saat ini sudah ada 10 gerai pewaralaba pisang ijo yang tersebar di kota Bandung. Untuk menjamin keuntungan bersama denga para mitra, proses seleksi mitra waralaba pisang hijau cukup cermat, dengan memperhitungkan lokasi pasar dan besarnya potensi pasar pisang ijo tersebut. Tidak semata-mata faktor uang dari calon mitra, karena pada dasarnya semua harus sama-sama mendapat keuntungan dan keberhasilan. Berkat kerja keras dan ketekunan usaha serta inovasi bisnisnya perlahan namun pasti bisnis waralaba pisang ijo semakin merambah ke berbagai penjuru kota Bandung.

sumber : galeriukm.web.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar