Rabu, 11 April 2012

Fakta & Mitos : Bagaimana Flu Dapat Menular?

Jangan terburu-buru menjadi paranoid akan tertular flu. Berikut adalah faktor & mitos penting seputar flu yang perlu Anda ketahui.

MItos : Buang sikat gigi lama setelah flu
Fakta : Tidak
Menurut ahli dari Cleveland Clinic, AS, virus yang menyerang Anda sebelumnya, tidak akan membuat Anda sakit lagi. Sebab, tubuh sudah menciptakan antibody untuk melindungi Anda dari virus tersebut. Jadi tidak perlu terburu-buru untuk membuang sikat gigi Anda setelah sembuh dari flu atau batuk. Sikat gigi wajib diganti hanya ketika ujung-ujung sikatnya mulai rusak atau tanda biru pada bulunya mulai memudar.

Mitos : Ciuman = tertular flu
Fakta : Belum tentu
Sebuah penelitian yand dimuat dalam Journal of Infectious Disease ditemukan bahwa hanya 8% orang yang terinfeksi setelah berciuman dengan pasangannya yang sedang mengidap flu. Faktanya, sebagian besar infeksi virus masuk justru melalui hidung dan mata.

Mitos : Flu tertular dari kamar hotel
Fakta : benar
Faktanya penelitian dari University of School of Medicine, AS, menemukan bahwa 30% dari kamar hotel yang ditiduri oleh pengidap sakit flu ternyata masih dipenuhi oleh virus, bahkan hingga sehari setelah orang tersebut meninggalkan kamar itu. Jadi untuk berjaga-jaga agar Anda terhindar dari flu, ada baiknya ketika ingin menginap di sebuah kamar hotel bersihkan dahulu gagang pintu, remote control, saklar lampu dengan tissue basah antibakteri atau hand sanitizer.

Apapun mitos dan fakta seputar flu, yang terpenting adalah tetap waspada dan selalu menjaga daya tahan tubuh Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar