Senin, 14 Mei 2012

Perubahan Iklim Pengaruhi Kelangsungan Hidup Mamalia

SEATTLE - Peneliti mengungkapkan perubahan iklim yang terjadi abad ini dapat mempengaruhi kelangsungan hidup spesies mamalia. Dalam banyak kasus dikatakan, sebagian besar jumlah mamalia ini perlahan akan menyusut akibat dari dampak area wilayah yang tidak lagi cocok bagi mereka.

"Kami terlalu menganggap remeh kerentanan beberapa spesies terhadap perubahan iklim. Ada banyak perkiraan yang dilakukan pada spesies (mamalia) dan di mana mereka diproyeksikan berdasarkan iklim yang cocok (untuk mereka)," ujar ahli Ekologi dari Washington University, Seattle, Carrie Schloss, seperti dilansir ABC Science, Selasa (15/5/2012).

Menurutnya, dengan adanya perubahan iklim seperti ini, beberapa hewan akan baik-baik saja atau justru lebih baik dari sebelumnya. Akan tetapi, hewan tertentu dapat menghadapi kerugian yang dapat mengancam habitat untuk kelangsungan hidupnya.

Carrie mengatakan, hewan yang paling beresiko ialah primata. Hewan tersebut kemungkinan kehilangan 75 persen dari range atau jangkauan mereka untuk menemukan habitat maupun tempat layak huni baru. Dengan prosentase tersebut, jenis primata menerima dampak ancaman relatif besar terhadap perubahan iklim, hal ini karena iklim menjadi tidak ramah bagi mereka.

Untuk mendapatkan prediksi yang akurat mengenai bagaimana penyusutan jumlah mamalia untuk bebrapa dekade mendatang. Carrie beserta timnya mengumpulkan informasi tentang 493 spesies mamalia.

Kemudian, para peneliti menggunakan pendekatan terhadap hubungan antara seberapa besar ukuran binatang dan apa yang mereka makan. Penelitian ini diharapkan dapat memperkirakan seberapa jauh spesies tertentu dapat bergerak dari generasi ke generasi.

sumber : okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar